Sayur Asem yang Spicy dan Segar

Di minang gak ada yang namanya sayur asem. Nyokap sih bisa memasak masakan tersebut, secara dia kan suka improvisasi masakan, tapi jarang sekali dia bikin ini di rumah karena sayur asem kayaknya memang kurang pas sama lidah orang minang. Etapi jangan salah, saya tentu bisa memasaknya.

sayur

Yang sering membuat sayur asem ini adalah nenek (alm), dia emang tinggal di jakarta dan kakek (alm) juga wong sunda. Sayur asem adalah masakan yang sering banget dibuat. Karena saya sering menemani dia di dapur, makanya saya jadi tau bagaimana membuatnya.

Biasanya ketika menemani nenek masak, saya adalah tukang cemplung-cemplung bahan, saatnya sekarang saya masak sendiri. Karena saya orang minang, bumbunya akan kentara berasa pedas dan asem. Cekkidot.

Bahan :

kacang panjang 3 buah
jagung potong 1 buah
labu siam 1/2 buah
pepaya muda 1/4 buah
daun melinjo sekenanya hati
buah melinjo sekenanya hati
nangka muda sekenanya hati
kacang tanah 3 sendok makan
daging 100 gram, potong kecil-kecil
Paling gampang sih di tukang sayur udah ada satu paket sayur asem lengkap tinggal potong-potong, mehehe.

Bumbu yang dicemplungkan :

Gula merah 2 sendok makan
Lengkuas 2 cm digeprek
Daun salam 2 lembar
Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

kemiri 3 biji
bawang putih 2 siung
bawang merah 4 siung
terasi 1 sdt
cabe keriting merah 4 buah
cabe rawit merah 4 buah
asam jawa 1 bungkus

Cara membuat :

  • Rebus daging yang sudah dipotong kecil-kecil agar empuk terlebih dahulu. Airnya banyakin aja karna sekalian buat kuah sayur asemnya.

  • Sesudah daging dirasa cukup empuk, masukkan sayuran yang agak lama matangnya (keras) seperti melinjo, kacang tanah, nangka muda, jagung dan kacang panjang.

  • Masukkan semua bumbu yang dihaluskan serta yang tidak dihaluskan. tunggu sampai sedikit mendidih.

  • Masukkan sayur yang tersisa. cobain. enak gak? kalau enak ya lanjutin, kalau enggak enak tambahin bumbu yang dirasa kurang. Kalau parah banget gak enaknya, yaudah pasrah aja. Gak bakat kali. *ditoyor

  • Tunggu sampai matang. Hidangkan.

Ini enak deh. Kalau saya suka nggadoin sayur asem, bisa bikin lancar pencernaan. Selamat mencoba. \o/

~Mrs. Messy