Gugling, Try and Taste

Sebenarnya untuk beberapa masakan standar saya sudah bisa, masakan standar itu seperti bikin lauk-lauk balado, gulai, oseng-oseng, tumisan dan beberapa hal yang saya temukan di meja makan keluarga. Selain memang saya sudah terbiasa nemenin nyokap di dapur kalau pulang kampung, saya juga tau bumbu-bumbu dasar untuk membuat itu.
gulai

Tiap hari saya biasakan memasak 2 masakan, satunya yang ada lauk utama seperti ikan, ayam atau telur dan satu lagi resep sayur. Maklum Tuan Suami suka sayur. Kalau masalah rasa ya masih bisa diharapkanlah, walaupun tentu saja gak seenak masakan nyokap yang bertangan emas itu :D

Karena seputar masakan yang saya tau cuma masakan standar, kadang saya seperti kehabisan ide membuat apa lagi, sedangkan saya agak males membuat masakan yang mirip dalam waktu berdekatan, jadilah saya gugling saja apa yang harus dimasak di hari itu. Biasanya berdasarkan apa yang ada di kulkas.

Misalnya saya punya udang, maka saya gugling saja "resep udang", dari pilihan-pilihan yang ada saya ambil yang saya maui dan paling masuk akal bisa dikerjakan.

Atau ketika tiba-tiba teringat ingin memasak menu apa padahal saya tidak tau sama sekali cara buatnya, ya saya gugling saja lagi. Ketemu resepnya terus bikin.
Seperti pismol ini misalnya. Di kampung gak ada yang namanya pismol jadi saya gak familiar dengan resepnya, yaudah saya gugling aja. Coba dan kenali apa yang kurang. Terus jadi deh. Kasihin ke suami buat nyobain. Mudah-mudahan doi gak sakit perut :p
pismo

Kadang gugling juga untuk meyakinkan apakah resep yang sudah saya tau ternyata ada yang kurang beberapa itemnya. Kalau ada yang kurang, saya banding-bandingkan dengan resep lain yang sama, terus saya pilih yang paling meyakinkan. Gugling bisa juga buat jadi inspirasi buat improve resep yang sudah saya tau, biar ada variasi aja.

Biasanya kalau agak merasa gagal, saya gugling lagi apa yang membuat karakter masakan saya seperti itu. Misalnya kenapa pancake saya lembek dan pori-porinya kurang. Owh kayaknya menteganya kebanyakan karena mentega cendrung membuat masakan lembek di suhu ruang serta saya sepertinya perlu tambahan baking soda. Sok-sok analisa sendiri gitu deh.
pancake

Saya selama ini gak pernah masak pakai oven juga jadi pengen eksplore masakan ke yang panggang-panggang, mengingat di internet banyak menyebar resep masakan sejenis ini jadi ingin bisa juga. Sejauh ini oven baru dipakai 2 kali buat bikin skotel (ini mah gampang ya) sama coffee cake yang terhitung gagal, hahahaha. Ini gara-gara sok tau karena mengganti cocoa powder dengan bubuk kopi. Sial bener, harusnya seduh dulu laaaaaaaa...
baker

Bikin kue ternyata effortnya lebih besar karena untuk ngaduk, mengatur komposisi bahan dan menentukan waktu pemanggangan butuh skill. Pokoknya ntar harus bisa ya, semangat!

Sekarang tiap hari itu mikir hari ini mau masak apa. Tab browser hp dan laptop sering kebukanya resep masakan sekarang. Lama-lama kok jadi hobi sih ini :D

Yang penting happy \o/

~ Mrs. Messy